• Selamat Morning Indonesia

    Berikut adalah materi 1 yang saya peroleh dari SMI (Selamat Morning Indonesia) yaitu program dari ust. Yusuf Mansur. Yaitu berupa kuliah online dimana setiap member dalam grup akan mendapatkan pencerahan dalam bentuk ebook, audio dan video langsung dari UYM.

  • Perpustakaan Online

    BuquLib adalah perpustakaan digital lengkap di indonesia dengan berbagai koleksi. Platform kami membawa buku lebih dekat kepada pembaca melalui ekosistem perpustakaan. Hanya dengan satu aplikasi, anda dapat menikmati koleksi berkualitas kapanpun, dimana saja.

  • Persiapan Dan Bekal Sebelum Menempuh Kuliah

    Masa-masa kuliah dapat dikatakan sebagai proses perjalanan anda dalam menempuh perjalanan tour yang dinamakan ''kuliah''. Maka sebelum memulai perjalanan panjang tersebut, hendaknya anda mempersiapkan segala hal yang diperlukanagar nanti selama perjalanan semua kebutuhan anda akan terpenuhi.

  • Aplikasi Desain Rumah 3D

    Untuk itu saya menyarakan untuk mencoba aplikasi desain rumah ini dengan gratis . Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena semua fitur sudah ada dalam aplikasi seperti fitur pintu, meja, kursi dll.

  • Menabung M-dinar

    M-Dinar adalah salah satu produk investasi untuk menabung emas (Koin Emas Dinar). Adapun website dari M-Dinar dapat diakses melalui halaman ini atau ini . Jika Anda ingin menabung emas di M-Dinar Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

  • Menyimpan File dengan Google Drive

    Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone.

Thursday, November 6, 2014

Posted by lesnan
No comments | Thursday, November 06, 2014


ayo ke bank

Berawal dari kuliah dikota dan makin dewasa membuat pemikiran saya untuk pengen cepet-cepet kerja dan punya usaha sendiri. Meskipun dari prodi pendidikan tapi saya menyukai dunia bisnis.  Sehingga membuat saya sering browsing untuk mencari informasi tentang bisnis dan keuangan. Keuangan identik dengan perbankkan, saya memahami bahwa Bank hanya untuk menabung , pinjam uang, transfer uang, terima transfer. Ternyata saya salah, maklum orang kampung J dan akhirnya saya bertambah wawasan bahwa di Bank kita bisa melakukan deposito, investasi dll.

Setelah itu saya jadi tertarik untuk melakukan deposito di Bank.  Tapi karena saya dari keluarga yang dibilang belum kaya dan untuk deposito membutuhkan modal yang besar untuk kelas seorang mahasiswa, jadi saya tidak melakukan deposito.  Padahal saya pengen punya deposito di Bank dan mengharapkan keuntungan dari deposito. Setelah saya mencari tahu tentang deposito ternyata bunga yang didapat dari hasil deposito ada yang bilang itu riba. Sementara saya seorang muslim dan agama saya melarang atau mengharamkan riba. Jadi saya mengurungkan niat saya untuk melakukan deposito. Saya browsing-browsing kembali ternyata terdapat deposito berbasis syariah dan ketemulah dengan yang namanya Bank syariah. Meskipun saya sudah mengetahui Bank syariah sampai saat ini saya masih menggunakan Bank konvensional. Saya menggunakan Bank konvensional ini juga hanya untuk menerima transferan uang makan bulanan dan keperluan kuliah saya dari orang tua didesa. Saya harap setelah lulus nanti bisa membuka rekening di Bank syariah karena prinsip-prinsip di Bank syariah sesuai dengan agama islam. Berikut sedikit saya informasikan tentang Bank syariah.  

Bank syariah adalah bank yang beroperasi berdasarkan syariah atau prinsip agama Islam. Sesuai dengan prinsip Islam yang melarang sistem bunga atau riba yang memberatkan, maka bank syariah beroperasi berdasarkan kemitraan pada semua aktivitas bisnis atas dasar kesetaraan dan keadilan.
Berikut sedikit perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional :

Dalam Bank Syari’ah
Akad (Perjanjian) dibuat berdasarkan  HUKUM ISLAM
Dalam Bank Konvensional
Akad (Perjanjian) dibuat hanya berdasarkan HUKUM POSITIF
Yang bersifat duniawi belaka.
 Akad dalam Bank Syari’ah harus memenuhi ketentuan Sbb :
1  RUKUN, seperti : a. penjual, b. pembeli, c. barang, d.  harga, e. ijab qabul.
2. SYARAT, seperti:
       a.  Barang dan jasa harus halal.
       b.  Harga barang dan jasa harus jelas
       c. Tempat Penyerahan harus jelas
       d. Barang yang ditransaksikan harus dalam kepemilikan penjual

Perbandingan Antara Bank Syari’ah Dan Bank Konvensional
           BANK SYARI’AH
  BANK KONVENSIONAL
1.  Melakukan investasi-investasi yang 
    halal saja
1.    Investasi yang halal dan haram
2. Berdasarkan prinsip bagi hasil
Besarnya disepakati pada waktu akad dengan berpedoman kepada kemungkinan untung rugi.
Besar rasio didasarkan pada jumlah   
keuntungan yang diperoleh
Rasio tidak berubah selama akad masih  Berlaku
Kerugian ditanggung bersama
Jumlah pembagian laba meningkat sesuai  dengan peningkatan keuntungan
Eksistensi tidak ada yang meragukan 
keabsahan bagi hasil.
2.    Memakai perangkat bunga
Besarnya disepakati pada waktu akad dengan asumsi akan selalu untung
Besarnya presentase didasarkan pada   jumlah modal yang dipinjamkan
Bunga dapat mengambang dan besarnya  naik turun.
Pembayaran bunga besarnya tetap tanpa pertimbangan untung rugi
Jumlah bunga tidak meningkat  sekalipun keuntungan meningkat
Eksistensi bunga diragukan
3.    Berorientasi pada keuntungan (profit oriented) dan kemakmuran dan kebahagian dunia akhirat
3. Profit oriented
4.    Hubungan dengan nasabah dalam bentuk hubungan kemitraan.
4. Hubungan dengan nasabah dalam bentuk hubungan kreditur-debitur.
5.    Penghimpunan dan penyaluran dana   harus sesuai dengan fatwa Dewan  Pengawas Syariah
5. Tidak terdapat dewan sejenis
Berikut keunggulan produk bank syariah :

1. Fasilitas Selengkap Bank Konvensional
Banyak orang yang berpikiran bahwa karena perbankan syariah masih baru, jenis transaksi yang dapat dilakukan hanya sedikit. Anggapan tersebut dulu mungkin bisa dimengerti, tapi sekarang sama sekali tidak benar. Bank Syariah saat ini sangat modern. Semua jenis transaksi mulai dari tabungan, deposito, kredit usaha, kredit rumah, dan sebagainya dapat dilakukan dengan nyaman.

2. Manajemen Finansial yang Lebih Aman.
Krisis ekonomi telah memuktikan bahwa manajemen finansial berbasis syariah jauh lebih aman dibandingkan ekonomi liberal yang dianut bank konvensional.

3. Anda Berkontribusi Langsung Memperkuat Bank Syariah
Bank konvensional menentukan sendiri suku bunga pinjaman maupun simpanan berdasarkan ketetapan Bank Indonesia. Ada kemungkinan meski kondisi bank kurang baik, tetap dapat “memberikan” bunga simpanan tinggi dan bunga kredit rendah. Hal ini dapat membahayakan bank tersebut. Bank Syariah memberikan nisbah (“bunga” simpanan) berdasarkan perkembangan finansial perusahaan. Secara tidak langsung Anda menjadi “pemegang saham” di Bank Syariah Anda.

4. Membantu Orang yang Butuh Dizakati
Bank Syariah mengeluarkan 2,5 persen dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. (Anda sendiri tentunya masih harus berzakat bila Anda muslim.) Namun bank konvensional tidak mempunyai kewajiban berzakat. Dengan menggunakan layanan Bank Syariah, secara tidak langsung Anda turut berzakat dan membantu mereka yang membutuhkan.

5. 100 Persen Halal
Kredit yang diberikan oleh bank syariah mempunyai persyaratan yang mewajibkan dana digunakan untuk aktivitas yang halal. Bisnis yang dibiayai bank syariah, juga tidak boleh berisiko mengandung kegiatan yang diharamkan oleh agama Islam.

Hal ini sama sekali tidak membatasi nasabah bank syariah harus muslim, justru agama apa pun boleh, asal halal pemakaiannya. Meskipun nasabah tersebut muslim, tapi jika pemakaian dana atau usaha yang dijalankannya tidak halal, maka dia tidak diperkenankan untuk mengambil kredit di Bank Syariah. U   ntuk itu sebagai orang ayo menabung di Bank Syariah dan hidupkan hukum islam.


Sumber :
http://www.beritasatu.com/ekonomi/62321-5-keunggulan-perbankan-syariah.html
http://www.spocjournal.com/hukum/424-perbedaan-bank-umum-dan-bank-  syari%E2%80%99ah.html

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih

Categories

Freemarket.com Marketplace