• Selamat Morning Indonesia

    Berikut adalah materi 1 yang saya peroleh dari SMI (Selamat Morning Indonesia) yaitu program dari ust. Yusuf Mansur. Yaitu berupa kuliah online dimana setiap member dalam grup akan mendapatkan pencerahan dalam bentuk ebook, audio dan video langsung dari UYM.

  • Perpustakaan Online

    BuquLib adalah perpustakaan digital lengkap di indonesia dengan berbagai koleksi. Platform kami membawa buku lebih dekat kepada pembaca melalui ekosistem perpustakaan. Hanya dengan satu aplikasi, anda dapat menikmati koleksi berkualitas kapanpun, dimana saja.

  • Persiapan Dan Bekal Sebelum Menempuh Kuliah

    Masa-masa kuliah dapat dikatakan sebagai proses perjalanan anda dalam menempuh perjalanan tour yang dinamakan ''kuliah''. Maka sebelum memulai perjalanan panjang tersebut, hendaknya anda mempersiapkan segala hal yang diperlukanagar nanti selama perjalanan semua kebutuhan anda akan terpenuhi.

  • Aplikasi Desain Rumah 3D

    Untuk itu saya menyarakan untuk mencoba aplikasi desain rumah ini dengan gratis . Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena semua fitur sudah ada dalam aplikasi seperti fitur pintu, meja, kursi dll.

  • Menabung M-dinar

    M-Dinar adalah salah satu produk investasi untuk menabung emas (Koin Emas Dinar). Adapun website dari M-Dinar dapat diakses melalui halaman ini atau ini . Jika Anda ingin menabung emas di M-Dinar Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

  • Menyimpan File dengan Google Drive

    Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone.

Saturday, November 29, 2014

Posted by lesnan
No comments | Saturday, November 29, 2014
petunjuk praktikum


Judul Laporan Eksperimen Fisika: Judul diketik dengan font Segoe UI 14 pt, dengan Capitalize Each Word Judul Hendaknya Mencerminkan Tujuan Eksperimen

Nama Penulis 1, Nama Penulis 2, dan Nama Penulis3
Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan,
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH, Yogyakarta 55164 Indonesia
Surat-e: penulis1@email.com

Intisari dalam paragraf justified, Centaur, 10 pt, satu spasi, ditulis dalam  bahasa Indonesia, satu kolom penuh, sekitar 250 kata, mengandung intisari dari seluruh tulisan mengenai pendahuluan, tujuan, metode, dan hasil eksperimen secara singkat. Panjang laporan maksimum 5 halaman pada kertas ukuran A4, jika perlu sertakan lampiran maksimal 2 halaman. Judul laporan maksimum tiga baris. Nama penulis diketik dengan 11 point, centered, antara nama penulis masing-masing dipisahkan dengan koma dan diikuti dengan angka (superscript) untuk membedakan institusinya.

Kata kunci: isikan maksimal 5 kata kunci, pisahkan dengan tanda koma



I.          Pendahuluan
Laporan ditulis dalam paragraph justified, Centaur, 1I pt, 1 spasi ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang laporan maksimum 5 halaman pada kertas A4, sudah termasuk tabel, gambar dan lampiran. Lakukan salin tempel pada template ini, jangan merubah template ini.  Format makalah : INTISARI, PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, KEPUSTAKAAN.
Laporan dikumpulkan satu minggu setelah praktikum. Laporan yang belum memenuhi kaidah penulisan karya ilmiah akan dikembalikan oleh asisten praktikum untuk diperbaiki kembali. Makalah hasil perbaikan dikumpulkan maksimal satu minggu, lebih dari itu tidak akan dinilai.
Penulisan acuan sebaiknya menggunakan “sistem penulis-tahun” yang mengacu pada karya pada daftar pustaka. Penulis harus mencantumkan halaman karya yang diacu. Dalam teks, karya yang diacu menggunakan ketentuan berikut:
1.     Kutipan buku dalam bentuk saduran untuk satu sampai dua penulis ditulis nama akhir penulis dan tahun. Contoh: Haidar Nashir dituliskan (Nashir, 2007:54), Syafarudin Alwi dan Sutrisno Hadi dituliskan (Alwi dan Hadi, 1999:51);
2.     Untuk lebih dari dua penulis, maka penulisan  ditambah dengan dkk. Contoh Edy Suandi Hamid, Sutrisno Hadi, Syafarudin Alwi, dituliskan (Hamid, dkk, 2000:2);
3.     Untuk kutipan lebih dari dua sumber yang diacu secara bersamaan. Contoh Syafarudin Alwi dan Sutrisno Hadi dituliskan (Alwi, 1991:17; Hadi, 1994:17), dua tulisan atau lebih oleh satu penulis (Alwi, 1997:11; Alwi, 1998:74);
4.     Apabila daftar acuan lebih dari satu tulisan oleh pengarang yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, gunakan akhiran a, b, dan seterusnya setelah tahun acuan; Contoh: (Alwi, 1992a; Alwi, 1992b);
5.     Kutipan yang berasal dari internet dituliskan dengan menyebutkan nama dan tahun. Jika tidak ada namanya, ditulis alamat websitenya.

Pendahuluan berisi latar belakang masalah mengapa melakukan eksperimen ini, tujuan melakukan eksperimen, dan rumusan permasalahannya.

II.        Landasan Teori
Tuliskan teori-teori yang diacu dalam penulisan laporan. Teori merupakan teori yang sesuai dengan topik eksperimen. Dalam penulisan landasan teori ini mahasiswa HARUS mengacu pada beberapa sumber antara lain:
1.     Jurnal (Asing dan dalam negeri)
2.     Textbook (dilarang buku SMA), untuk buku dengan penulis: Giancolli, Serway, Tipler, Sears, pilih salah satu saja, tidak boleh keempatnya dipakai.
3.     Prosiding pertemuan ilmiah
4.     Internet (hindari sumber dari blog: blogspot, wordpress, dll)

Rumus Matematika
Untuk penulisan persamaan matematika, anda harus menggunakan fasilitas Microsoft Equation Editor 3.0. Untuk Ms. Office 2007 bisa melalui menu Insert – Object - Microsoft Equation Editor 3.0. Setiap persamaan menjorok ke tengah dan diberi nomor persamaan. Nomor persamaan rata kanan, dan urut dari persamaan pertama.

      
penulisan rumus                 (1)


Perhatikan contoh persamaan di atas, semua persamaan harus sesuai dengan format tersebut.

Gambar dan Tabel
Setiap gambar (seperti plot atau grafik) hendaknya dipersiapkan dalam resolusi tinggi ( 300 dpi). Di samping itu, label dan angka pada sumbu vertikal dan horisontal harus jelas dan dapat dibaca. Gambar HARUS diacu dalam teks. Untuk pembuatan grafik disarankan menggunakan GNUPlot. Contoh tabel 1.

Tabel 1. Daftar Berbagai Unsur
No.
Unsur
Simbol
1
Hidrogen
H
2
Besi
Fe
3
Emas
Au
4
Litium
Li

Contoh penempatan gambar dapat dilihat pada gambar 1. Harap diperhatikan format pengacuan gambar
contoh grafik
Gambar 1. Contoh gambar kecil


Pada contoh di atas, gambar dapat dimuat dalam satu kolom. Pada kasus tertentu, terkadang gambar tidak dapat fit dalam satu kolom. Jika ini terjadi, gunakan satu kolom penuh. Contoh dapat dilihat pada gambar 2.

Sparator Desimal
Untuk separator desimal, harap menggunakan titik (.) bukan koma (,). Contoh:


III.     Metode Eksperimen
Metode eksperimen berisi alat dan bahan yang digunakan, metode pengambilan data, dan metode analisis data.
Laporan ditulis dalam paragraph justified, Centaur, 1I pt, 1 spasi ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang laporan maksimum 5 halaman pada kertas A4, sudah termasuk tabel, gambar dan lampiran. Lakukan salin tempel pada template ini, jangan merubah template ini.  Format makalah : INTISARI, PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, KEPUSTAKAAN.
Laporan ditulis dalam paragraph justified, Centaur, 1I pt, 1 spasi ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang laporan maksimum 5 halaman pada kertas A4, sudah termasuk tabel, gambar dan lampiran. Lakukan salin tempel pada template ini, jangan merubah template ini.  Format makalah : INTISARI, PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, KEPUSTAKAAN.
          






Gambar 2. Contoh gambar besar



IV.     Hasil dan Pembahasan
Gas ideal adalah gas hipotetis (gas khayalan) yang model molekulernya mengikuti asumsi tertentu. Pertama, gas terdiri dari partikel-partikel, yang dinamakan molekul-molekul. Bergantung pada gas tersebut, maka setiap atom akan terdiri dari sebuah atom atau sekelompok atom. Jika gas tersebut adalah sebuah elemen atau suatu persenyawaan dan berada di dalam suatu keadaan stabil, maka semua molekul akan ditinjau sebagai molekul yang identik.
Kedua, molekul-molekul bergerak secara acak dan menuruti hukum-hukum gerak Newton. Molekul-molekul bergerak di dalam semua arah dan dengan berbagai laju. Pada waktu kapanpun, beberapa persen molekul bergerak dengan kelajuan tinggi, dan beberapa persen lainnya bergerak dengan kelajuan rendah.
Ketiga, jumlah seluruh adalah besar. Arah dan laju gerakan dari setiap molekul dapat berubah secara tiba-tiba karena tumbukan dengan dinding atau dengan molekul lain. Jumlah besar tumbukan yang dihasilkan akan mempertahankan distribusi kecepatan molekuler secara keseluruhan dan keacakan gerakan.
Keempat, volume molekul-molekul adalah pecahan kecil yang dapat diabaikan dari volume yang ditempati oleh gas tersebut.

V.       Kesimpulan
Awalnya, kegiatan niaga dilakukan tanpa melibatkan uang. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan proses pertukaran barang dengan barang. Sistem tukar-menukar ini biasa disebut sebagai barter. Jadi, seorang penenun kain yang memerlukan beras ia harus menukarkan kainnya kepada petani yang memiliki beras. Demikian juga nelayan yang memiliki ikan harus menukarkan ikannya dengan beras ketika ia membutuhkan beras. Semua barang ditukar dengan barang yang lain.
        
Kepustakaan

Boediono, 2010, Ekonomi Moneter: Seri Sinopsis Pengantar Ilmu ekonomi No. 5, Ed.3, Cet.14, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta
Bryant, John, 2012, Thermoeconomics: A Thermodynamic Approach toEconomics, Third edition ed., Economic Consultancy, Vocat International, http://EconPapers.repec.org/RePEc:voc:vibook:tebp2012.
Hartono, Toni, 2006, Mekanisme Ekonomi: dalam Konteks Ekonomi Indonesia, Cet.1, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Karim, Adiwarman A., 2008, Ekonomi Makro Islami, Ed.1, Cet.2, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mankiw, N. Gregory, 2007, Makroekonomi, Ed.6, Cet.1, Erlangga, Jakarta.

Untuk file dalam bentuk word bisa didownload disini

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih

Categories

Freemarket.com Marketplace