• Selamat Morning Indonesia

    Berikut adalah materi 1 yang saya peroleh dari SMI (Selamat Morning Indonesia) yaitu program dari ust. Yusuf Mansur. Yaitu berupa kuliah online dimana setiap member dalam grup akan mendapatkan pencerahan dalam bentuk ebook, audio dan video langsung dari UYM.

  • Perpustakaan Online

    BuquLib adalah perpustakaan digital lengkap di indonesia dengan berbagai koleksi. Platform kami membawa buku lebih dekat kepada pembaca melalui ekosistem perpustakaan. Hanya dengan satu aplikasi, anda dapat menikmati koleksi berkualitas kapanpun, dimana saja.

  • Persiapan Dan Bekal Sebelum Menempuh Kuliah

    Masa-masa kuliah dapat dikatakan sebagai proses perjalanan anda dalam menempuh perjalanan tour yang dinamakan ''kuliah''. Maka sebelum memulai perjalanan panjang tersebut, hendaknya anda mempersiapkan segala hal yang diperlukanagar nanti selama perjalanan semua kebutuhan anda akan terpenuhi.

  • Aplikasi Desain Rumah 3D

    Untuk itu saya menyarakan untuk mencoba aplikasi desain rumah ini dengan gratis . Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena semua fitur sudah ada dalam aplikasi seperti fitur pintu, meja, kursi dll.

  • Menabung M-dinar

    M-Dinar adalah salah satu produk investasi untuk menabung emas (Koin Emas Dinar). Adapun website dari M-Dinar dapat diakses melalui halaman ini atau ini . Jika Anda ingin menabung emas di M-Dinar Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

  • Menyimpan File dengan Google Drive

    Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone.

Sunday, October 18, 2015

Posted by lesnan
1 comment | Sunday, October 18, 2015
opening progrAM UNC dan UAD
opening program
Kali ini saya akan memberikan pengalaman saya pergi ke Philipina dalam rangka program KKN internasional. saperti yang orang tau sebelum keluar negeri kita harus mempersiapkan modal, passport, dan lain sebagainya hehehhe...
Di Philipina saya saya memiliki program yang dibuat oleh saya dan teman-teman yang harus dikerjakan selama 1 bulan disana. Tapi ternyata sesampai disana kami (saya dan teman-teman) mendapat program yang dibuat oleh universitas nueva caceres ( kampus yang bekerjasama dengan kampus saya ). Emang kamu kuliah dimana ? ok pertama saya perkenalkan diri dulu,,,nama saya : Lesnan kelahiran bengkulu yang sedang menempuh kuliah di Jogjakarta ( Universitas ahmad dahlan). Jadi sekarang sudah jelaskan. Jelas apanya Lesnan ????? jelas itu kalau UNC kerjasama dengan UAD. Langsung saja saya akan cerita pengalaman saya selama 1 bulan disana, bagaimana saya makan, tidur, dll heheheh
1. yang saya rasakan di Philipina sangat senang karena bisa pergi keluar negeri,hehehe 
2. setelah dari bandara saya dijemput mobil kampus UNC,,,, dalam perjalanan saya merasakan aroma indonesia ,,,maksudnya buka aroma indonesia tercium sampai Philipina tapi saat naik mobil dan melihat sekeliling keadaan lingkungan mirip seperti yang ada di indonesia. Tapi satu hal nih yang aku liat dari mobil sepanjang perjalanan liat banyak toko yang tulisanya "drug" (aku pikir ,,,wah ternyata disini banyak yang jual minuman keras). setelah saya googling dan nanya2 ternyata itu toko jual obat-obatan kayak apotik gitulah :)
toko obat

3. setelah sampai dikampus UNC saya disambut bagai pejabat penting negara ini hehehe ( begitu meriahnya siswa dan mahasiswa UNC menyambut kami ) kenapa saya bilang siswa dan mahasiswa UNC karena di kampus UNC terdapat sekolah dari TK, sampai hight school. waww bangetlah pokoknya kampus UNC dalam menyambut tamunya ( ngak kaya sekolah di Indonesia dalam menyambut tamu hehehe).
4. kami semua ber14 orang dan 2 orang teman kami yang sudah ada disana sebelumnya menempati rumah/apartemen (orang sana menyebutnya) kalau diindonesia menyebutnya rumah tingkat 3 heheheh
penginapan di philipina
apartement tempat kami menginap
5. untuk cuaca yang saya rasakan di sana begitu panas melebihi Indonesia ( pagi, siang, sore, malem, subuh : panas semua huft ) netes terus nih keringat,,,,,kalau di Indonesia malem atau subuh kadang masih ngerasain dingin kan kalau disana ampun deh hmmm. Jadi banyak tuh orang Plilipina yang memakai payung walau siang hari.
di pilipina panas
siang hari pakai payung

sinang panas di philipina
siang hari panas pakai payung
6. ke enam nih sengsara kami mulai lagi yaitu dalam soal makanan (kita muslim) susah cari makanan enak  plus halal (mayoritas kristen disana) jadi ya seadanya kita seringnya makan telur dan ayam ( nyembelih ayamnya gimana ????) yang penting niat ajah deh,,,,,mungkin temen-temen bertanya kenapa ngak beli sayur kan halal,,,, ternyata sayur disana haram (maksudnya kebanyakan sayur yang dimasak sudah dicampur pork). Pork adalah sebutan orang Philipina untuk Babi sebutan orang indonesia. Pernah nih kejadian waktu saya mau membeli sayur ( pikiran saya kalau sayur pasti halal) waktu itu saya bersama teman dan perjualnya bilang itu campuran pork saya bilang ya ngak apa saya beli itu,, syukurnya teman saya bilang kepada saya ( kamu tahu ngak pork iru apa ?) saya bilang ngak tahu,,,,teman saya menjawab kalau pork itu babi alhamdulilah gak jadi beli ............setau saya babi dalambahasa inggris kan pig heheheh
7. tapi ada yang saya banggakan nih disana ,,, anak-anaknya ramah banget dan friendly banget dah plus suka jalan jadi yang namanya oang jalan disana banyak,, biarpun jaraknya jauh (ngak kaya di indo jarak 10 meter aja pake motor hihi) 
8. soal kendaraan dan rambu lalu lintas didaerah sana menurut saya kurang rapi kerena banyak kendaraan yang benuknya ngak minimalis dan rambu jalan juga sedikit jadi kelihatan berantakan,,,, disana banyak kendaraan yang dinamakan jepni, pjak,,(mirip bejak kalau di indo).
kendaraan di naga city
Naga City

philipina
Naga City
9. untuk bahasa bagaimana yah,,, penasaran gak nih,,,, untuk bahasa yang digunakan sehari-hari disana adalah bahasa bicol, tagalog dan sedikit inggris,,,, tapi tahu gak sih ternyata bahasa philipina banyak yang sama kaya indo contah putih di indo putih juga di philipina, kanan, kiri, gunting, payung, dll... (mungkin karena masih rumpun melayu yah :) )
10. postur orang philipina bagaimana apakah besar-besar ? jawaabanya ternyata tidak,, orang philipina memiliki postur tubuh mirip indonesia ( kalau yang ini karena rumpun asia emang kecil-kecil kali yahhh).. jadi sering salah paham nih orang philipina terhadap kami yang dari indonesia dengan wajah mirip mereka ketika belanja kita menggunakan bahasa inggris tapi selalu dijawab dengan bahasa mereka ( bahasa philipina ) yah pusing nih kita hmmmmmm
main air nih
watersports

11. Nah hampir ketinggalan nih saya nyampein pengalaman yang satu ini,, sesampai di apartement yang saya cari colokan listrik,,, biasa mau ngecas hp buat bisa ngubungin ortu... Dan tau gak ternyata tidak seperti yang dibayangin disana colokanya beda sama indo,,, kalau di indo bulet gitu kan lubangnya kalau disana gak bulet. Putus deh harapan buat cas hp,,,dan harus nunggu besoknya buat bisa beli sambungan colokanya..Liat potonya biar jelas dibawah yah :)


colokan listrik di philipina
harus ada tambahan
Sudah dulu yah ceritanya semoga bermanfaat bagi teman-temen siapa tahu mau pergi kePhilipina dengan tempat yang sama dengan yang saya kunjungi tepatnya di Bicol, Naga City, Philipina untuk info lebih tentang Naga City klik disini  . Untuk foto-fotonya bisa dilihat dibawah.



lingkungan kampus unc
lingkungan kampus UNC

Universitas Nueva Caceres
UNC

1 comment:

terimakasih

Categories

Freemarket.com Marketplace